Saturday, September 1, 2007

Telkomsel Siapkan Fitur Collect Call

Denpasar-RoL--Oprator seluler PT Telkomsel sedang menyiapkan sejumlah fitur baru, diantaranya fitur collect call, yang merupakan penerapan dari convergent online charging (COC). Fitur ini merupakan fitur baru yang memungkinkan biaya komunikasi dibebankan kepada si penerima telpon.

"Kami juga sedang menyiapkan fitur pelayanan multi number, dimana dalam satu kartu terdapat tiga nomor yang berbeda, masing-masing untuk komunikasi, data dan faks," kata Direktur Perencanaan dan Pengembangan Telkomsel Bambang Riadhy Oemar.

Hal itu dikemukakan Bambang di Bali, kemarin, usai mengikuti 10th Chief Information Officer (CIO) Conference. Kegiatan yang berlangsung 27-30 Agustus, diikuti para CIO operator yang tergabung dalam SingTel Group, yakni AIS (Thailand), Bharti (India), Globe (Filiphina), Optus (Australia), Singtel (Singapura), Telkomsel (Indonesia), serta beberapa service provider: Microsoft, Cisco System, NCS, Sun, dan Hewlett Packard.

Dikatakan Bambang, banyaknya inovasi baru yang akan dibuat Telkomsel, tidak terlepas dari sistem COC yang diterapkan Telkomsel. Dengan sistem COC, kemampuan Telkomsel dalam berinovasi semakin baik untuk memenuhi tuntutan pasar, yang memang terus menginginkan inovasi produk dan layanan.

Sistem COC yang digunakan Telkomsel, jelas Bambang, sempat dipresentasikan dalam forum CIO dan ternyata para peserta mengagumi sistem itu. Sistem konvergensi single billing and customer care process itu, menggabungkan kecanggihan sistem Intelligent Network (IN) layanan prabayar dan sistem billing paskabayar.pur
[Laporan: H. Ahmad Baraas]

No comments: