Friday, August 31, 2007

UGM Masuk 100 Besar Webometric Asia

Yogyakarta (ANTARA News) - Website Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta masuk dalam 100 besar webometric Asia dan menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia yang terpilih dalam peringkat itu. [Lihat di http://www.webometrics.info/top100_continent.asp?cont=asia]

"Tahun lalu UGM dan Institut Teknologi Bandung (ITB) masih mampu menembus 100 besar, namun tahun ini hanya UGM saja PT di Indonesia yang masuk penilaian 100 besar webometric Asia," kata Kepala Pusat Pelayanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PPTIK) UGM Drs. Bambang Prastowo, M.Sc di Yogyakarta, Kamis.

Pengukuran yang dilakukan oleh webometric didasarkan pada besarnya materi digital yang dimiliki sebuah website PT, besarnya materi digital dalam format rich content, dan banyaknya website yang mengutip atau memuat link ke sumber-sumber data di website PT tersebut.

Ia mengatakan, tahun ini website UGM, ugm.ac.id berhasil menaikkan peringkat dari tahun lalu yang hanya peringkat 100 Asia menjadi peringkat 95 Asia.

Website yang mendominasi peringkat webometic Asia adalah website PT dari Jepang dan Singapura, beberapa website PT di Thailand dan Filipina juga berhasil meraih peringkat, sedangkan Indonesia hanya kebagian satu kursi di 100 besar.

"Di satu sisi, kenaikan peringkat website UGM dapat dikatakan sebagai hal yang menggembirakan bagi warga kampus UGM, namun secara nasional kenyataan bahwa hanya ada satu PT di Indonesia yang masuk 100 besar webometric Asia merupakan hal yang memprihatinkan, mengingat Indonesia memiliki lebih dari 3.000 PT," katanya.

Kenyataan ini menunjukkan perhatian pemerintah pada penyediaan sarana teknologi informasi untuk PT di Indonesia masih perlu ditingkatkan.

Kalau diperhatikan, kebanyakan website yang menduduki peringkat bagus di webometric memiliki bandwidth yang besar sehingga kualitas layanan informasi PT bergantung sepenuhnya pada kreativitas warga kampus, katanya.

UGM sendiri melakukan investasi yang cukup besar untuk pengembangan teknologi informasi terutama untuk website UGM, yaitu dengan nilai kontrak langganan layanan internet pada salah satu `provider` sebesar Rp417 juta per bulan.

"Dalam beberapa tahun terakhir secara konsisten PPTIK UGM memberikan layanan email dan web hosting gratis untuk semua elemen organisasi kampus, dosen, mahasiswa, dan alumni dengan menggunakan anggaran dari UGM," katanya.(*)


Copyright © 2007 ANTARA

2 comments:

Anonymous said...

Hi


Go to http://www.BuySellDirect.net to have a FREE advance ebay to sell your produts.


http://www.BuySellDirect.net is a FREE ebay to sell your products

Kang Masroni said...

ngomong2 100 besar peringkat ke berapa nih? ya kalau mentok di angka 100 ya nggak apa-apa lah, yang negeri kita benar-benar mampu menciptakan manusia handal yang bisa menciptakan teknologi canggih.