Thursday, August 30, 2007

Modem 3,5G Kecepatan Tinggi

Persoalan pelik yang selalu dihadapi oleh kemajuan teknologi jejaring adalah ketersediaan perangkat penggunaan (sering kali disebut sebagai customer premises equipment atau CPE) yang sering kali terlambat dibandingkan sistem yang sudah digelar. Ini terjadi, misalnya, saat jaringan akses kecepatan tingi EV-DO yang digelar dalam sistem jaringan CDMA mulai dipasarkan di Indonesia.

Ketersediaan teknologi 3G, termasuk koneksi HSDPA, akan berhasil kalau CPE yang tersedia di pasaran mudah didapat dengan harga yang terjangkau. Ketersediaan CPE ini menjadi penting dan baru memberikan makna bagi penggelaran teknologi 3G dan berbagai turunannya, bukan hanya modem untuk mengakses data saja, tetapi juga ponsel yang berkemampuan 3G.

Dengan demikian, bagi kita, menjadi mengherankan apabila ada operator yang berani mengklaim bahwa pelanggan 3G mereka sudah mencapai 3,1 juta dengan jumlah pengguna akses data generasi ketiga seluler ini mencapai 400.000 pelanggan. Klaim tersebut tidak masuk akal karena CPE dan ponsel 3G di Indonesia yang diimpor belum mencapai jumlah tersebut.

Deteksi otomatis

Ada beberapa CPE yang tersedia di pasaran untuk mengakses jaringan 3,5G; yang terbaru adalah data modem BandLuxe C100 ExpressCard HSDPA (foto atas) buatan BandRich Inc asal Taiwan dan SpeedUp SU-8200U buatan RRC.

Perbedaan kedua modem akses broadband seluler ini terletak pada kemampuan akses, BandLuxe siap digunakan di jaringan HSDPA 7,2 Mbps, sedangkan SpeedUp di akses seluler dengan kecepatan 3,6 Mbps.

Instalasi keduanya pun sangat mudah. Paling mudah adalah modem SpeedUp yang tanpa instalasi driver dari CD-ROM dan, ketika digunakan Kompas mengakses jaringan generasi ketiga milik XL, koneksi langsung tersambung serta mampu berjalan di jaringan HSDPA dengan kecepatan maksimum rata-rata mencapai 60-70 Kb per detik.

Yang menarik dari kedua modem HSDPA yang mengakses jaringan 3,5G ini adalah kemampuannya yang dapat secara otomatis mendeteksi setting atau pengaturan akses yang ditetapkan oleh operator seluler, baik Indosat maupun XL.

Perangkat BandLuxe C100, selain digunakan di komputer melalui ExpressCard (umumnya di notebook seri terbaru), juga menyediakan semacam USB hub untuk memakai modem ini menggunakan kabel USB. Dengan desain yang menarik, kedua modem HSDPA ini menjadikan akses broadband seluler menjadi menyenangkan. (rlp)


No comments: