Wednesday, August 29, 2007

Menara CN - Toronto Canada



Menara CN adalah salah satu keajaiban teknologi di dunia yang terletak di jantung kota Toronto - Canada. Ketinggian bangunan 553,33 meter (termasuk antena). Kurang lebih 2 juta pengunjung per tahun mengunjungi menara ini. Selain menikmati pemandangan kota Toronto, mereka juga dapat menikmati lantai kaca yang memungkinkan melihat jalan raya di bawahnya, makan di ketinggian 350 meter karena terdapat 360 restoran berputar dan melihat film tentang konstruksi bangunan ini. Di menara ini juga terdapat peralatan pemancar, night club dan dek observasi.

Menara CN Tower dilihat dari Danau Ontario

Konstruksi

Menara CN dibangun oleh Canadian National Railway. Arsitek menara ini adalah John Andrews, Webb Zerafa, Menkes Housden, E.R. Baldwin. Pembangunan dimulai pada tanggal 6 Februari 1973 dan lamanya pembangunan 40 bulan.

Rancangan aslinya memperlihatkan adanya tiga menara yang terhubung oleh jembatan berstruktur (structural bridge). Secara gradual desainnya membentuk menara tunggal setinggi 1.815,5 kaki yang terdiri dari tiga "kaki" berongga.

Pekerjaan fondasi dimulai dengan penggalian tanah. Lebih dari 62.000 ton tanah dan shale hasil penggalian agar dapat memancang susunan beton dan baja berbentuk Y dengan ketebalan 6,71 m. Setiap kaki berongga "Y" mampu menahan beban menara seberat 130.000 ton.Untuk membangun fondasi Y memerlukan waktu 4 bulan dan menghabiskan 7046 m3 besi beton dan 500 ton baja serta 400 ton kabel tebal.

Setelah fondasi selesai, pembangunan menara setinggi 350 meter dilakukan secara bertahap dengan menggunakan beton yang dicor pada "slip form" selama 24 jam per hari, lima hari per minggu, dan setelah beton mengeras, cetakan dilepas dengan menggunakan alat dongkrak hidraulik. Slip form ditarik ke atas secara perlahan-lahan dilepas dan jadilah tiang menara. Beton yang diperlukan untuk membangun menara ini adalah sebanyak 40.538 meter2 beton. Untuk menjaga konsistensi kualitas beton yang digunakan harus berasal dari sumber yang sama dan diuji.

Tahap berikutnya dilakukan pembangunan Sky Pod yaitu bangunan yang terdiri dari tujuh tingkat yang akan digunakan untuk restoran berputar, perlatan pemancar dan lantai observasi. Sky pod di ikat oleh braket baja dan kayu yang secara perlahan diangkat oleh 45 buah dongkrak hidraulik. Beton membentuk "dinding" skypod, dan cincin berbentuk donat yang disebut radome. Radome ini dilapisi Teflon dan fiber optik di desain sedemikian rupa sehingga dapat melindungi peralatan pemancar, namun tetap dapat menerima sinyal yang masuk. Untuk mencapai Skypod, terdapat 4 buah lift kecepatan tinggi.

Tahap terakhir pembangunan adalah pemasangan tiang komunikasi setinggi 335 kaki. Pemasangan tiang ini dilakukan dengan menggunakan sebuah helikopter Sikorsky Skycrane. Helikopter mengangkat satu per satu 40 buah bagian tiang sebesat 7 ton ke atas puncak menara, dimana para pekerja dengan berani menerima bagian-bgaian tersebut disana. Setelah bagian-bagian tersebut berada dipuncak, kemudian dikencangkan dengan 40.000 buah baut. Setelah itu seluruh bagian tiang ditutpi dengan pelindung fiberglass untuk mencegah pembekuan.

Informasi

* Jenis struktur : Vertical cantilever
* Fungsi : Menara komunikasi
* Material : prestressed concrete
* Tinggi : 553,33 m (termasuk antena)
* Engineer(s): John Andrews

Sumber: The Wonders of the World, National Geographic Society / Juliati Junde

No comments: